Waspada!! Pelecehan Seksual Anak Semakin Merajalela. Inilah Cara Untuk Mencegahnya

Waspada!! Pelecehan Seksual Anak Semakin Merajalela. Inilah Cara Untuk Mencegahnya
Waspada!! Pelecehan Seksual Anak Semakin Merajalela. Inilah Cara Untuk Mencegahnya 

Setiap hari, ribuan anak-anak di Amerika Serikat yang mengalami pelecehan. Penyalahgunaan ini berasal dari berbagai sumber termasuk orang tua, guru, pendeta, kerabat lain dan bahkan orang asing. Pelecehan anak bukanlah sesuatu yang selalu bisa terdeteksi tapi ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantunya.

Bisa juga anda mencari ciri anak yang sedang bersinggungan dengan pelecehan seksual. Berikut beberapa cara untuk mencegah pelecehan anak:

1. Berbicara dengan Anak-anak
Pastikan bahwa anak-anak selalu tahu bahwa mereka memiliki hak untuk aman. Bahwa itu bukan kesalahan mereka jika menemukan diri dalam situasi pelecehan. Ketika anak-anak tahu bahwa mereka memiliki hak, mereka lebih cenderung untuk melaporkan penyalahgunaan itu.

2. Program Dukungan Antipelecehan
Ada banyak program di luar sana yang ditujukan untuk menghentikan pelecehan sebelum hal itu terjadi. Ini adalah program yang perlu dukungan karena orangtua datang biasanya setelah ada laporan penyalahgunaan. Ada banyak program di sekolah dan daerah yang mengkhususkan diri dalam membantu untuk mencegah pelecehan anak.

3. Pelajari Sumber Informasi
Anda akan menemukan banyak informasi mengenai cara mencegah pelecehan seksual pada anda. Datangi puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan informasi itu.

4. Pahami Jenis Pelecehan
Ada banyak bentuk pelecehan selain kekerasan fisik dan seksual. Hal ini dapat datang dalam bentuk kekerasan mental, kegagalan untuk menyediakan kebutuhan hidup, penolakan, isolasi dan penghinaan. Semakin banyak tahu, anda akan melihat karakter pelecehan ketika terjadi.

5. Ketahui Tanda-Tanda Pelecehan
Memar menjadi cara mudah melihat pelecehan telah telah terjadi. Tapi ada juga tanda-tanda yang tidak terlihat. Seringkali anak-anak yang dilecehkan menampilkan tanda-tanda depresi, ketidakpercayaan, perilaku seksual yang tidak pantas, kurangnya kebersihan pribadi dan permusuhan. Mereka biasanya memiliki kesulitan berteman dengan orang lain.

6. Waspada Perubahan Perilaku
Mungkin anda bisa mencoba mencatat setiap perubahan perilaku pada anak-anak. Jika melihat anak berperilaku berbeda dari normal seperti perubahan tidur atau makan, ini mungkin tanda anak-anak menderita beberapa jenis pelecehan.

7. Perhatikan Anak yang Takut Pulang ke Rumah
Jika anak tidak ingin pulang bahkan takut untuk pulang ke rumah, mungkin mereka khawatir pelecehan di rumah. Jika tampaknya takut untuk meninggalkan sekolah atau pergi ke manapun dengan orang-orang tertentu, ini juga mungkin menjadi tanda bahwa anak-anak sedang disiksa.

8. Perhatikan Anak yang Terlalu Seksual
Ada hal-hal tertentu yang anak-anak pelajari tentang seksualitas sesuai usianya. Seringkali anak-anak yang mengalami pelecehan seksual lebih banyak memiliki pengetahuan tentang seks dari yang seharusnya. Mereka juga dapat menampilkan perilaku seksual atau menggunakan bahasa eksplisit.

9. Setiap Perubahan Fisik
Anak-anak yang tidak mendapatkan makan cukup di rumah akan sering menampilkan tanda-tanda fisik. Pahami anak yang memiliki berat badan tak normal karena ini adalah tanda bahwa mereka tidak mendapatkan nutrisi yang tepat.

10. Menjadi Sukarelawan
Sukarelawan Anda bisa menjadi sukarelawan program pelecehan anak di daerah. Jika ini adalah sesuatu yang menarik minat anda, ada pusat keluarga dukungan atau pusat intervensi krisis untuk membantu keluarga yang berada di bawah stres. Tidak hanya dapat membantu anak-anak yang sedang dilecehkan, anda mampu mencegah pelecehan terjadi.
Pelecehan seksual terjadi tak kasat mata. Yang perlu anda lakukan adalah dekat dengan anak-anak sehingga mereka bisa berbicara apapun padamu. Termasuk gejala pelecehan seksual.

sumber : wowkeren.com

Comments

Popular posts from this blog

INI DIA....10 Tipe Wanita Idaman Pria

LUAR BIASA !! Berkat Kekuatan Doa, Wanita Mati Beku Bisa Hidup Kembali

4 Cara Asyik Dan Jitu Istri Mengajak Suami Berhubungan Intim.Dijamin Suami Kelepek-Kelepek