Hari Ini Ada Fenomena yang Hanya Muncul 70 Tahun Sekali. Berikut Lima Fakta Supermoon 14 November 2016


okezone.com. Penduduk Bumi hari ini akan disuguhi pemandangan Bulan yang tidak biasa. Berbeda dari penampilannya selama 70 tahun belakangan, malam ini bulan akan terlihat jauh lebih besar. Fenomena ini biasa disebut Supermoon.

Badan Antariksa Amerika (NASA) menyebutkan bahwa Supermoon yang terjadi pada 14 November ini 15% lebih besar daripada bulan terkecil sepanjang tahun. Bulan ini juga tidak akan muncul sebesar itu lagi hingga 2034.

Supermoon terakhir kali muncul pada 1948. Fenomena ini terjadi karena orbit elips bulan yang mengelilingi Bumi. Namun sebelum Anda menonton Supermoon nanti malam, ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui sebagaimana dilaporkan IBTimes, Senin (14/11/2016):

Bulan Berang-Berang
Supermoon di pertengahan November biasa disebut ‘Mega Beaver Moon’ di AS untuk penjajah dan suku Algonquin. Bagi mereka, Supermoon pada November datang pada tahun ketika perangkap berang-berang yang dibuat di rawa sebelum airnya membeku.

Posisi Bulan
Bulan akan berada di 221.519 mil dari Bumi saat mencapai titik maksimal Senin malam. Saat mencapai titik terdekat pada 25 November 2034, bulan akan lebih dekat pada bumi 221.488 mil.

Isu Bencana
Supermoon dapat membawa pasang surut terbesar tahun ini, namun variasi tidak cukup besar untuk menjelaskan gempa bumi, banjir, atau gunung berapi.

Besarnya Relatif
Efek supermoon mungkin menjadi bagian ilusi optik. Mata manusia melihat ukuran bulan yang lebih besar secara relatif tergantung pada benda-benda di sekitar obyek.

'Supermoon' Tidak Ilmiah
Para astronom tidak menyebut fenomena ini Supermoon karena tidak memiliki dasar ilmiah. Mereka menyebutnya bulan perigee-Syzygy. Istilah Supermoon diciptakan 30 tahun yang lalu oleh seorang peramal.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini kepada teman-teman Anda!


Comments

Popular posts from this blog

INI DIA....10 Tipe Wanita Idaman Pria

LUAR BIASA !! Berkat Kekuatan Doa, Wanita Mati Beku Bisa Hidup Kembali

4 Cara Asyik Dan Jitu Istri Mengajak Suami Berhubungan Intim.Dijamin Suami Kelepek-Kelepek