Alasan Bahaya Simpan Telur Di Kulkas Dan Tips Memilih Dan Menyimpan Telur Yang Baik


Studi terbaru dari para ilmuwan menguak fakta bahwa menyimpan telur ayam di lemari es tidaklah sehat.

Kebiasaan menyimpan telur di dalam kulkas sudah dilakukan oleh nyaris seluruh masyarakat di berbagai negara selama bertahun-tahun. Bahkan seperti diketahui, kulkas memang diciptakan dengan 'ruang' tersendiri untuk menyimpan telur.

Namun, studi terbaru dari para ilmuwan justru menguak fakta bahwa menyimpan telur ayam di lemari es tidaklah sehat.

Selama ini, menyimpan telur di kulkas dianggap dapat mengurangi risiko tumbuhnya bakteri salmonella. Adapula yang berpendapat cara itu dapat mengurangi keracunan makanan sekaligus meningkatkan rasa pada telur.

Namun beberapa alasan berikut justru akan membuat Anda berpikir dua kali untuk menyimpan telur di kulkas. Dilansir dari laman Boldsky, berikut 3 alasan mengapa sebaiknya Anda tak menyimpan telur di kulkas.

1. Kualitas Menurun
Menyimpan telur di dalam kulkas ternyata akan menurunkan kesegaran dan kualitasnya. Bagi mereka yang suka memanggang kue, penggunaan telur yang disimpan di suhu kamar pun akan jauh lebih baik dibandingkan dengan telur yang disimpan pada suhu dingin. Telur dingin akan mengakibatkan kue sulit menjadi padat.

2. Cepat Membusuk
Penelitian terbaru membuktikan bahwa telur yang disimpan di suhu kamar tidak cepat membusuk ketimbang telur yang disimpan di kulkas dengan suhu dingin. Itulah mengapa sebaiknya Anda menghindari menyimpan telur di kulkas.

3. Memicu Pertumbuhan Bakteri
Sebuah penelitian di Eropa membuktikan, telur yang disimpan dalam pendingin dan kemudian menaruhnya di luar pada suhu kamar dapat menyebabkan kondensasi, yaitu mendorong pertumbuhan bakteri pada cangkang yang mungkin bisa masuk ke telur juga. Hal ini menyebabkan telur tidak sehat untuk dikonsumsi.

Namun ada satu pengecualian. Jika ada sebuah telur terinfeksi salmonella dan disimpan dalam suhu ruang. Secara otomatis seluruh telur yang disimpan satu tempat dengannya akan terkontaminasi bakteri. Untuk mengatasi situasi seeprti ini, lebih baik mendinginkan telur sementara di kulkas untuk membunuh bakteri.

Nah, setelah mengetahui hal ini sebaiknya ubah kebiasaan Anda menyimpan telur di dalam kulkas. Pintu kulkas adalah bagian yang paling hangat dari kulkas. Temperatur pintu kulkas pun berfluktuasi khususnya saat pintu dibuka dan ditutup. Itulah alasannya jangan simpan telur di pintu kulkas.
Lebih baik, simpan di bagian dalam kulkas yang suhunya lebih stabil. Sebelum disimpan, susun dulu telur di dalam kartin agar telur segar selama 3-5 minggu.

Jika waktu penyimpanan telur masih bagus, bagian kulit telur tidak rusak dan retak. Putih telur dan kuningnya sudah bisa dipisahkan dan bertahan 24 hari.

Berikut tips memilih dan menyimpan telur yang baik:

1. Hindari telur yang retak dan kotor
Bakteri pada kotoran ayam yang menempel pada kulit telur bisa masuk melalui pori-pori kulit telur, apalagi jika ada retakan saat anda membelinya. Sedangkan ini sangat bahaya bila bakteri itu sudah masuk ke dalam telur. Infeksi penyakit akan bisa jadi sangat parah. Jadi, telur yang nampak retak memang tak boleh digunakan meski tampak baik-baik saja.

2. Sebaiknya Pilih telur yang kecil
Jika anda beli eceran, pilih telur yang kecil, karena telur yang lebih besar memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan telur kecil. Jadi kulit telur yang tipis lebih rentan untuk retak dan beresiko terhadap masuknya bakteri.

3. Jangan Mencuci telur sebelum menyimpan
Bila telur dicuci, sebaiknya langsung dimasak. Sebab kulit telur yang dicuci tidak hanya menghilangkan lapisan Protective Bloom-nya. Tapi justru menyebabkan pori-pori pada kulit telur jadi lembab, sehingga bakteri lebih senang di sana.

4. Perhatikan tanggal kadaluarsa
Jika anda membeli di supermarket, ada tanggal “best before” yang tertera pada kemasan telur yang berarti baik dalam kondisi telur itu disimpan dalam lemari es. Bila tak menyimpannya dalam lemari es, sebaiknya digunakan lebih awal dari tanggal kadaluarsanya.

5. Simpan Telur di Bagian dalam Kulkas
Seperti dijelaskan diatas, bagian terbaik menyimpan telur adalah pada bagian dalam kulkas agar suhu tetap stabil. Gunakan wadah yang baik dan tertutup untuk menghindari kontaminasi kotoran dari kulit telur dengan makanan lain dalam kulkas.

Sumber : Dream.co.id

Comments

Popular posts from this blog

INI DIA....10 Tipe Wanita Idaman Pria

LUAR BIASA !! Berkat Kekuatan Doa, Wanita Mati Beku Bisa Hidup Kembali

4 Cara Asyik Dan Jitu Istri Mengajak Suami Berhubungan Intim.Dijamin Suami Kelepek-Kelepek